Pengertian Server Dan Jenis - Jenis Server Di Jaringan Komputer

Komputersia, Istilah server didalam sebuah jaringan komputer bukan lagi menjadi sesuatu hal yang abnormal lagi kita dengar, hampir semua kalangan sudah mengetahui apa itu server.

Namun kalau dilihat dari segi pengertian lengkapnya mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui perihal apa itu server dan fungsi dari server tersbut itu apa ?

Untuk klarifikasi lebih lanjutnya silahkan anda perhatikan dan simak dibawah ini



didalam sebuah jaringan komputer bukan lagi menjadi sesuatu hal yang abnormal lagi kita denga Pengertian server dan Jenis - Jenis Server Di Jaringan Komputer

Penjelasan Server Pada Jaringan Komputer

Pengertian Server Pertama

Server yaitu suatu perangkat yang telah telah dilengkapi oleh serangkaian jadwal maupun sebuah protocol dimana didalamnya telah menyediakan banyak sekali macam jenis layanan yang ditujukan untuk sanggup dipakai oleh perangkat komputer lain.

Didalam sebuah istilah dunia jaringan komputer, terdapat dua model pemrograman yaitu basic client dan server, dimana jadwal server ini sanggup diartikan sebagai sebuah jadwal yang bertugas memenuhi serta menunggu seruan dari suatu client pada suatu jaringan tersebut.

Sedangkan client dapat diartikan suatu jadwal yang dipasang pada perangkat pengguna selain server dimana client ini tidak mempunyai saluran penuh dan tidak bisa mengakses secara penuh akan fitur yang tersedia didalam sebuah jaringan kecuali atas izin yang diberikan oleh server nya sendiri.



Pengertian Server Kedua

Server merupakan sistem komputer yang bisa menyediakan suatu jenis layanan yang sudah ditentukan didalam sebuah jaringan tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa ada juga sebagian dari kita yang meneybut server ini dengan sebutan web server, sebuah perangkat komputer yang bertindak sebagai server sudah didukung dengan perangkat processor yang mempunyai sifat scalable serta mempunyai kapasitas RAM yang besar

Perlu diingat bahwa sistem operasi yang dipakai pada server ini mempunyai suatu perbedaan dimana sistem operasi yang dipakai kebanyakan bukan sistem operasi berjenis windows, Mac OS atau yang lainnya.

Namun sistem operasi yang dipakai pada server ini yaitu sistem operasi jaringan atau dalam istilah lainnya dikenal dengan network operating system, ibarat windows NT 3.51 , windows NT 4.0, windows server 2000, windows server 2003 dll.selain itu, server juga mempunyai sebuah kiprah untuk sanggup menjalankan suatu jadwal administrative yaitu suatu software yang dipergunakan untuk sanggup melaksanakan suatu pengontrolan terhadap saluran jaringan serta sumber daya yang memang terpasang pada server tersebut.


Pengertian Server Ketiga

Pengertian Server selanjutnya yaitu salah satu teladan acara yang menjalankan perangkat lunak , dimana perangkat lunak ini bisa mendapatkan perintah dari klien, komputer yang melaksanakan sanksi perangkat lunak.

Dalam hal ini Server mempunyai peranan penting dalam melaksanakan arsitektur client-server, dimana “server” yaitu jadwal komputer yang menjalankan untuk melayani perintah serta seruan dari jadwal lain, klien mungkin bisa melaksanakan acara mengembangkan data, informasi, hardware dan software.

Sementara itu, Klien dapat menjalankan suatu jadwal atau mengakses data serta fie pada komputer yang sama, dengan syarat kedua komputer harus saling terhubung dengan jaringan internet, WAN, atau LAN. 

Jenis-Jenis dan Fungsi Server Jaringan Komputer


  • Server Platform
Server platform merupakan sebuah hardware atau software dasar yang difungsikan untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server.

  • Server Applikasi
Server aplikasi Juga dikenal dengan istilah jenis middleware, yakni sebuah software yang berfungsi sebagai pengola sebuah perintah dari client dan database.

  • Server Audio / Video 
Server Audio / Video Menyediakan kemampuan multimedia ke sebuah situs web dengan tujuan awal untuk membantu pengguna situs atau website biar sanggup menyiarkan streaming konten multimedia.

  • Chat Server 
Chat server difungsikan untuk menangani chatting dari beberapa user atau pengguna komputer dengan jaringan internet.

  • Fax Server : 
Fax Server merupakan suatu server yang memungkinkan user untuk mengirim dan mendapatkan file fax melalui jaringan komputer yang tergubung dengan internet

  • FTP Server 

File Transfer Protocol Server merupakan media yang dimanfaatkan untuk melaksanakan transfer data, dari atau ke client yang terhubung dengan jaringan internet

  • Groupware Server

Groupware Server merupakan sebuah software yang dirancang untuk memungkinkan pengguna biar sanggup bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan bisa difungsikan secara bahu-membahu dalam suasana virtual.

  • IRC Server 

Internet Relay Chat server  atu dikenal dengan IRC Server difungsikan untuk memungkinkan user bisa melaksanakan suatu diskusi dengan memakai jaringan internet

  • List Server 

List Server intinya yaitu menyediakan cara yang lebih baik untuk mengelola suatu milis. Server disini sanggup berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang menawarkan pengumuman, buletin atau bahkan iklan sekalipun.

  • Mail Server 

Mail Server merupakan sebuah Server yang bertugas untuk menangani e-mail

  • News Server

News Server berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok gosip umum, didekati melalui jaringan gosip USENET.

  • Proxy Server

Proxy Server dalam hal ini bertindak sebagai perantara antara client dengan server diluar jaringan untuk melaksanakan sebuah penyaringan atau bahkan melaksanakan pembatasan suatu permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan juga sharing.

  • Telnet Server 

Telnet Server berfungsi Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.

  • Virtual Server

Virtual server yaitu metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seperti terdapat beberapa fisik server.

  • Web Server

Web Server intinya berfungsi sebagai media yang menyediakan konten ke web browser, Web Server berkomunikasi memakai HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

  • Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan Server yang satu ini merupakan suatu server yang intinya dipakai untuk penyimpanan sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh pengguna atau client. 

  • Server Data
Server data adalahJenis server yang kedua ini biasanya dipakai untuk penyimpanan sebuah data, baik data yang berasal dari pengguna atau client maupun data yang memang diproses pribadi oleh server aplikasi

  • Server Proxy
Server Proxy merupakan server yang satu ini mempunyai kiprah penting dalam sebuah jaringan yakni bertugas sebagai pengatur sebuah kemudian lintas pada jaringan melalui pengaturan pada proxy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Server Dan Jenis - Jenis Server Di Jaringan Komputer"

Posting Komentar