Pengertian Computer Generated Imagery (Cgi) Dan Fungsinya

KomputersiaComputer Generated Imagery atau sering dikenal dengan istilah CGI merupakan sebuah teknologi penerapan pada bidang komputer grafis yang lebih mengedepankan grafis 3D atau lebih tinggi yang dimanfaatkan dalam membuat sebuah film, atau jenis media video lainnya mirip simulator.

CGI dikala ini, sudah banyak digunakan untuk membuat pengaruh visual komputer sebab hasil pengaruh yang dihasilkan akan lebih terkontrol dibandingkan dengan lainnya menurut proses fisik, mirip membangun miniatures untuk pengaruh gambar atau mempekerjakan komplemen untuk adegan keramaian, serta memungkinkan para editor untuk membuat objek faktual tanpa harus melibatkan objek tersebut secara real (nyata)


Baca Juga Artikel Lainnya :

merupakan sebuah teknologi penerapan pada bidang komputer grafis yang lebih mengedepankan  Pengertian Computer Generated Imagery (CGI) dan Fungsinya

Pengertian CGI di Dunia Film


CGI atau Computer-Generated Imagery merupakan sebuah teknologi komputer yang bisa menghasilkan gerakan visual / pencitraan pengaruh tiga dimensi (3D) yang bisa dikatakan sudah sangat sempurna, sebab bisa mirip objek aslinya. Teknologi CGI ini banyak digunakan dalam bidang media digital baik dunia per-filman, advertising dan banyak sekali macam media audio visual lainnya.

CGI merupakan tehnik penerapan teknologi komputer grafik untuk pembuatan sebuah pengaruh kusus (special effect) dalam sebuah pembuatan film. Perangkat lunak komputer yang biasanya digunakan dalam penerapan CGI antara lain 3ds Max, Blender, Light Wafe 3D, Maya, dan Autodesk Softimage.

Diera modern ini, tentunya sudah banyak sekali film yang sudah menerapkan pengaruh CGI terutama untuk film-film hasil besutan Hollywood. CGI sendiri pertama kali diterapkan di film Westworld, pada tahun 1973. 

Dengan adanya penerapan tenologi CGI ini, tentu saja gambar yang dihasilkan pertama kali tak sebagus film The Avenger, Transformer, Amazing Spiderman, Batman, Hulk, atau film hollywood lainnya. 

Dibawah ini ialah beberapa teladan pembuatan film sebelum menggunakan teknologi CGI dan setelah menggunakan pengaruh CGI di beberapa film besar dunia.








Perlu kalian ketahui bahwa CGI sangatlah berbeda dengan film animasi atau film kartun pada umumnya. Proses pembuatan film kartun biasanya selalu dimulai dengan menggambar atau mendesain seorang tokoh atau karakter dalam film dengan cara manual. 

Sedangkan teknologi CGI cara membuat abjad tokohnya dengan menggunakan software tertentu di komputer. Namun dikala ini juga Film kartun sudah banyak yang telah menerapkan teknologi CGI sebab dianggap lebih cepat proses pembuatannya meskipun membutuhkan biaya yang sangat mahal. 

Beberapa teladan film animasi yang belum menggunakan teknologi CGI dan masih menggunakan cara manual yaitu film Pinocchio, 101 Dalmation, Aladin, Mickey Mouse, dan lain sebagainya. Sedangkan beberapa teladan film kartun yang telah menggunakan teknologi CGI yaitu Toy Story, Wall-e, Finding Nemo, Cars, The Incredibles, Monster Inc,serta yang lainnya

Jika kalian sudah  menonton film Fast & Furious 7 niscaya kalian selalu melihat sosok Paul Walker yang masih berperan sebagai Brian O’Conner. Padahal, pada kenyataannya bahwa Paul Walker sudah meninggal dunia dikala proses pembuatan film Fast & Furious 7 masih berlangsung. 

Mungkin diantara kalian masih ada yang bertanya-tanya bagaimana sosok seorang Paul Walker bisa hidup kembali? Jawaban yang pasti, disaat inilah Teknologi memegang peranan penting dalam pembuatan film Fast & Furious 7.

Sosok Paul Walker bisa dihidupkan kembali dengan memanfaatkan teknologi yang sangat canggih dengan menggunakan teknologi CGI. Perlu kalian ketahui, bahwa teknologi CGI sanggup dibentuk dalam bentuk 2D ataupun 3D sesuai dengan cita-cita pembuatnya, namun biasanya CGI 2D digunakan pada bidang-bidang yang datar. 

Contoh obyek yang dibentuk dengan CGI 2D yaitu tokoh kartun dan bentuk-bentuk geometrik. Software yang digunakan untuk membuat biasanya yaitu Adobe Illustrator, GNU Image Manipulation Program, Adobe Photoshop, CorelPaint dan CorelDraw, serta AutoCAD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Computer Generated Imagery (Cgi) Dan Fungsinya"

Posting Komentar